Keren, Siswi SMA Ubah Air Limbah Jadi Energi Listrik

Siswi SMA Muhammadiyah Babat, Lamongan, Jawa Timur, kembali menemukan sebuah penemuan yang keren dan patut diacungi jempol.

Kini, kembali tiga siswi menciptakan energi listrik dari air limbah tekstil batik. Ketiganya siswi yang membawa nama harum SMA Muhammadiyah 1 Babat itu diantaranya, Annisa Tiara Madhani, Ayunia Rosyidah dan Dyah Mitha Putri.

Ide penelitian ketiganya berangkat dari keprihatinan akan dampak buruk limbah tekstil berupa pencemaran lingkungan.
Mereka tidak ingin limbah cair tekstil itu akan membawa dampak buruk bagi lingkungan.
Selain ketiganya melihat adanya krisis energi. Nah, berawal dari rasa keprihatian itulah kemudian mereka bertiga memutar otak untuk memanfaatkan limbah agar mempunyai nilai yang bisa dimanfaatkan.

Dalam penelitian tersebut, ternyata karya para siswi cantik ini mendapat penghargaan yang sangat mengagumkan.

“Proses pembuatan listrik dari limbah ini juga tergolong mudah dan murah, karena mengandalkan reaksi kimia alami dari air limbah tekstil yang telah diferemntasi selama dua hari,”ungkap Annisa Tiara Madhani

Dan pengolahan limbah tekstil tersebut mengandalkan reaksi kimia yang terjadi secara alamiah dari proses pengendapan air limbah selama dua hari.
Dimana endapan tersebut akan menghasilkan partikel dan ion yang kemudian akan menghasilkan listrik.

Tiga siswi ini bermaksud hendak mengembangkan temuannya agar bisa dimanfaatkan lebih luas. Dan ketiganya optimis penelitiannya ini bisa menjadi solusi energi listrik alternatif yang ekonomis.
Mereka berkinginan karyanya akan bisa menjadi sebuah produk yan nantinya bisa dipatenkan jika karyanya nanti dikembangkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keren, Siswi SMA Ubah Air Limbah Jadi Energi Listrik"

Posting Komentar